Selamat datang buat para pengunjung baru blog saya ini. Selamat membaca. Kali ini saya akan memberikan info tentang Kota dan Kabupaten di Indonesia yang memiliki julukan "VAN JAVA" mungkin dari beberapa di antara kalian julukan VAN JAVA yang familiar adalah Kota Bandung sebagai PARIS VAN JAVA dengan alasan kota yang bersejarah dan sebagai pusat kuliner dan fashion di Indonesia. Tapi tidak hanya itu loh masih ada 5 Kota/Kab lagi yang memiliki julukan VAN JAVA.

Penasaran aja apa penasaran banget? Lets check it.

1. Kota Bandung, Paris Van Java
Seperti yang udah saya jelasin di atas, tapi tahukah anda bahwa julukan Paris Van Java ini diberikan oleh orang eropa sejak dulu kala ketika menjajaki Kota Bandung. Tepatnya pada abad ke 18 atau tahun 1825 Kota Bandung mendapat julukan Paris Van Java. Pertanyaannya adalah, mengapa Paris? Konon katanya terdapat beberapa kesamaan pada dua kota tersebut yakni suasananya yang sejuk dan tidak terlalu panas ibarat sodara kembar. Dan ada hal lain yang membuat Kota Bandung mendapat julukan ini yaitu sudah sejak lama Kota Bandung terkenal sebagai Kota Fashion dan Jajan/Kuliner. Maka dari itu reader jangan heran kalo suatu saat jalan-jalan ke Bandung bertemu dengan Mojang (Gadis) dan Jajaka (Pemuda) Bandung berpenampilan modis dan menarik dengan senyum yang ramah.

Pemandangan malam Jembatan Pasopati, Kota Bandung
2. Kabupaten Garut, Swiss Van Java
Kalau Kota Bandung Parisnya Jawa lain lagi dengan Kabupaten Garut yang dijuluki sebagai Swiss Van Java. Konon kota ini disebut Swissnya jawa karena kesamaan alam dan pemandangannya yang indah. Selain itu Kabupaten Garut terkenal dengan makanan olahan Dodol yang dianalogikan sebagai seperti coklatnya Indonesia seperti halnya Swiss terkenal dengan coklatnya. Julukan ini juga ternyata telah tersemat sejak jaman kolonial Belanda. Ratu Wilhelmina Belanda kabarnya memiliki peristirahatan pribadi di Garut.
Salah satu gunung di Garut yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya adalah Gunung Papandayan, dengan ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut ini tidak kalah indah dan sejuk dibanding Gunung Alpen.

Gapura selamat datang di Kotamadya Kaupaten Garut
  
3. Kabupaten Tasikmalaya, Delhi Van Java
Kearah selatan Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya juga punya julukan tersendiri yang tersemat sejak zaman dulu. Delhi Van Java adalah julukan untuk Kabupaten Tasikmalaya, julukan itu disematkan bukan karena kebiasaan muda-mudi Tasikmalaya yang senang berlari-lari disaat hujan sambil bernyanyi. Tapi karena jalanan provinsi Kabupaten Tasikmalaya yang menghubungkan dengan Kabupaten Garut yang secara geografis perbukitan mirip dengan jalanan yang ada di Kota Delhi, India. Apabila anda berkunjung ke Tasikmalaya anda akan merasakan sensasi jalanan berbukit naik-turun yang indah yang sama akan jumpai di Delhi, India.

Kawah Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya

4. Kota Tasikmalaya, Munich Van Java
Lain Kabupaten lain Kota, selain Tasikmalaya Kabupaten dijuluki Delhi Van Java, Kota Tasikmalaya dijuluki sebagai Munichnya Jawa. Julukan ini disematkan untuk Kota Tasikmalaya karena kemajuannya yang pesat seperti Kota Munich, Jerman. Selain itu SDM di Kota Tasikmalaya terkenal kreatif dengan berkembangnya UKM dan IKM lokal seperti halnya Kota Munich, Kota Tasikmalaya sebagai the Centre of Priangan Timur berkilauan layaknya Mutiara dari Timur Priangan. Kota Tasikmalaya adalah kota terbesar ke 4 di Jawa Barat dengan fasilitas yang lengkap layak kota besar yakni perguruan tinggi negeri Universitas Negeri Siliwangi dan masih banyak lagi kampus swasta, Mall dan pusat perbelanjaan, perbankan pusat se-priangan timur dan gedung-gedung baru dengan wisata destinasi yang menarik. Satu lagi Pusat Kota Tasik juga sangat bersih dan lancar seperti Kota Munich, Jerman.


Masjid Agung Kota Tasikmalaya (Masjid Atap Emas)

5. Kabupaten Jepara, Carribean Van Java
Tau film The Pirates of Carribean? Kalau inget pasti tau dong Karribia adalah hamparan lauran dengan beberapa pulau kecil didalamnya. Karimun Jawa di Kabupaten Jepara juga demikian, memiliki keindahan yang sama yang apabila anda mengunjunginya anda akan merasa seperti bermain film bersama Jack Sparrow di The Pirates of Carribean. Apabila anda berkunjung ke Jepara jangan lupa mampir dulu ke Taman Nasional Karimun Jawa.


Pantai Karimun Jawa Kabupaten Jepara

6. Kabupaten Situbondo, African Van Java
Ini dia yang terakhir, Kabupaten Situbondo. Apabila anda berkunjung ke Kabupaten Bondowoso anda akan merasakan seperti di Afrika dengan hamparan Savana yang luas dengan kawasan satwa liar (Taman Nasional Baluran) Apabila anda berkendara ke Situbondo pastikan bensin mobil anda full tank karena anda tidak akan menemukan Pom bensin disana, anda hanya akan mendapatkan hamparan Savana yang luas dengan balutan satwa liar yang terkenal. Hal tersebutlah yang menyebabkan Kabupaten Situbondo dijuluki African Van Java. 



Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo
Demikian info yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas kunjungannya.